Home » » MENDONGKRAK KUALITAS HIDUP MENGGAPAI KESUKSESAN

MENDONGKRAK KUALITAS HIDUP MENGGAPAI KESUKSESAN

Written By bioenergicenter on Selasa, 10 November 2009 | 19.01

Kehidupan seseorang akan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah berasal dari dalam diri seseorang seperti hati, pemikiran, tindakan maupun segala usahanya untuk berjuang dalam hidup. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar yang ada disekitarnya, seperti lingkungan kerja, cuaca, relasi serta berbagai tantangan hidup yang perlu dijalani untuk memperkuat dirinya dalam mengikuti arus perubahan zaman. Kedua faktor tersebut secara tidak langsung akan saling berhubungan dan membentuk suatu reaksi atau tindakan yang secara sadar maupun tidak sadar dilakukan oleh seorang individu.
Setiap orang pastinya akan selalu berusaha untuk meraih apa yang ia inginkan. Tentu saja hal itu tidak lepas dari hal yang dinamakan uang. Hampir seluruh manusia di dunia ini berusaha untuk mengisi penuh pundi-pundi uangnya agar bisa menikmati seluruh fasilitas yang ada di sekitarnya. Dalam hidup di dunia, pencapaian seseorang biasanya akan diukur sejauhmana kesuksesan yang ia raih, meskipun ukuran sukses tiap orang berbeda-beda tergantung dari indikator atau prinsip pribadi dari individu tersebut. Banyak pengalaman hidup yang mengatakan bahwa hidup manusia tidak akan pernah puas. Sudah memiliki motor masih ingin beli mobil. Sudah memiliki kamera masih ingin membeli HP berkamera. Bahkan sudah memiliki seorang istri masih saja melirik kanan kiri. Semua itu adalah fenomena nyata yang ada di sekitar kita. Tentunya hal itu terjadi karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda.
Kualitas hidup seseorang hanya dapat diraih dari kerja kerasnya sendiri. Dengan hal itu, ia akan dapat memantapkan dan mengembangkan hidupnya untuk meraih kesuksesan. Namun yang jelas hidup sukses memerlukan perjuangan, pengorbanan, ketekunan serta keuletan yang tinggi. Banyak orang yang memandang kesuksesan seseorang hanya bisa dilihat dari luarnya atau keadaan setelah sukses. Mereka buta terhadap perjuangan untuk mencapai sukses tersebut. Sebenarnya, hal yang perlu dipelajari dari orang tersebut adalah bagaimana keuletan serta semangat yang pantang menyerah dalam menghadapi segala situasi. Karir kerja yang cemerlang hanya dapat diraih dengan cara mempersiapkan diri, dengan kualitas diri yang sesuai dengan tantangan dan peluang yang menunggu di depan. Oleh karena itu, setiap individu yang menginginkan karir kerjanya mencapai suskes tertinggi, perlu belajar mendengarkan tantangan zaman serta secara cerdas mampu memberikan respon yang sesuai dengan tantangan tersebut. Semakin kita menyukai tantangan maka akan semakin tegar dan kuat diri kita dalam kancah sosial yang secara tidak sadar akan saling membutuhkan dan berhubungan satu sama lain.
Hidup sukses adalah buah dari kerja keras, perencanaan hidup yang matang serta kadang ada faktor keberuntungan yang ada dalam diri seseorang. Banyak sekali cara untuk meraih sukses yang tentunya setiap orang memiliki keyakinan dan cara yang berbeda. Beberapa hal yang mungkin dapat dijadikan pedoman untuk meraih hidup yang mantap penuh kesuksesan adalah :

1) Rencanakan hidup sehat secara optimal,

2) Jalin komunikasi yang baik dengan sesama,

3) Berusaha menyesuaikan diri dengan pekerjaan,
4) Jangan berhenti belajar selama hidup,

5) Selalu meningkatkan semangat hidup,

6) Kreatif dan inovatif,

7) Tanamkan prinsip dan tujuan hidup tertentu,

8) Ciptakan kehidupan perkawinan yang harmonis,

9) Mampu mengendalikan diri dan

10) Rubahlah dunia menjadi lebih baik. Itulah beberapa hal yang mungkin dapat menjadi referensi kiat mencapai kesuksesan dalam hidup. Mungkin dari seorang individu telah melakukan beberapa poin dari hal tersebut. Namun alangkah baiknya apabila seluruh poin dapat kita laksanakan agar hidup semakin mantap dan seimbang.
Dalam menjalani hidup yang penuh dengan segala tantangan untuk selalu bekerja keras, ada suatu hal yang sering dijadikan pengganggu utama dalam meraih sukses. Ya, malas adalah hal terburuk yang akan bisa menganggu segala aktifitas positif dari seorang individu. Rasa malas adalah penyakit mental keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu yang seharusnya atau sebaiknya dia lakukan. Apabila rasa malas ini muncul dalam aktivitas sehari-hari, maka dijamin kinerja kita akan jauh menurun. Masyarakat yang dipenuhi oleh individu-individu yang malas jelas tidak akan pernah maju. Rasa malas juga menggambarkan hilangnya motivasi seseorang untuk melakukan pekerjaan atau apa yang sesungguhnya dia inginkan. Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan seseorang untuk menghilangkan rasa malas tersebut, yaitu :

1) Buatlah tujuan dan resolusi hidup,
2) Mengasah kemampuan diri,

3) Hindari bergaul dengan sesama

pemalas dan

4) kembangkan disiplin diri. Sebenarnya masih banyak hal-hal yang dapat mengurangi rasa malas kita terhadap pekerjaan. Namun perlu kita ketahui, bahwa pada dasarnya rasa malas hanyalah sikap menunda bahkan menghindari suatu pekerjaan. Janganlah terpuruk dalam dunia malas karena hal itu akan menjauhkan diri dari kesuksesan.
Rupanya selain kerja keras dan mengindari rasa malas, kesehatan fisik juga harus diperhatikan dalam meraih kesuksesan. Tidak dapat dipungkiri bahwa tubuh sehat merupakan modal terpenting dalam melakukan segala aktifitas hidup. Sekalipun kita memiliki prinsip dan tujuan jangka panjang yang terstruktur namun apabila kesehatan fisik terganggu maka segala rencana yang telah dibuat tidak akan bisa terlaksana. Banyak orang bilang bahwa sehat sangatlah mahal harganya. Ungkapan tersebut bisa terbukti kebenarannya dari salah satu contoh kecil yang kadang tidak kita sadari. Seorang individu yang sakit asma memerlukan tabung oksigen untuk membantu bernafas, tentunya dengan mengeluarkan biaya. Namun bagi insan yang sehat dapat begitu mudah menghirup udara bebas sesuka hati tanpa harus mengeluarkan biaya. Oleh karena itu hal yang perlu diingat bahwa kita harus selalu menjaga kesehatan dan merawat tubuh sebagai ungkapan rasa syukur kita terhadap rahmat Tuhan karena kita dilahirkan di dunia dalam wujud makhluk hidup yang paling sempurna.
Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dalam mencapai kesuksesan dan menciptakan kehidupan yang lebih mantap. Kerja keras, menghilangkan rasa malas serta senantiasa menjaga kesehatan tubuh adalah modal utama untuk meningkatkan kualitas diri dan kinerja pribadi agar dapat meraih segala harapan masa depan. Marilah mulai sekarang kita menyeimbangkan diri dengan lingkungan agar senantiasa tercipta kehidupan yang harmonis, bahagia serta dapat meraih kesuksesan dalam hidup.

0 comments:

Posting Komentar

Solusi dan Konsultasi

Produk dan Pelatihan