Home » » Pola Akses Bioenergi (Pemanfaatan) V. 4

Pola Akses Bioenergi (Pemanfaatan) V. 4

Written By bioenergicenter on Jumat, 22 Mei 2009 | 20.18

Pasrah (Tawakal). Tawakal kepada Allah tidak berarti mengabaikan ikhtiar (usaha) dan tidak bermakna pasrah secara total dalam menghadapi berbagai peristiwa dan krisis. Sesungguhnya, tawakal kepada Allah bermakna percaya dan bergantung kepada-Nya semata-mata, sebab Dia (Allah) merupakan sumber seluruh kebaikan dan sebab-sebab, berkuasa penuh atas seluruh makhluk-Nya, dan Mahakuasa untuk memberikan kesuksesan kepada siapa yang dia kehendaki.



Menurut HM. Syaiful M. Maghsri memiliki sikap tawakal demikian kepada Allah tidak boleh dipertentangkan dengan ketergantungan kita pada sarana alamiah dan sebab-sebab lahiriah untuk meraih tujuan-tujuan kita, seperti menyiapkan alat perang untuk bertempur menghadapi musuh-musuh kita, kita mengobati penyakit-penyakit kita, dan melindungi diri kita dari berbagai bahaya. Semua ini diperlukan untuk melindungi manusia dan dalam meraih tujuan-tujuannya. Allah telah memutuskan untuk menjadikan hal-hal ini berlangsung sesuai dengan sebab-sebab alamiahnya. Sekalipun demikian, perlu sekali untuk menggantungkan harapan dan bertawakal kepada Allah demi meraih tujuan-tujuan kita
Ketika Rasullah SAW, memperhatikan seorang badui yang tidak menambatkan untanya semata-mata karena tawakal kepada Allah, Beliau (Rasullah SAW) berkata kepadanya, “Tambatkanlah untamu, setelah itu bertawakallah!”

0 comments:

Posting Komentar

Solusi dan Konsultasi

Produk dan Pelatihan